Tags

, , , , , , , ,

batuk keirng dan berdahak

batuk bisa melanda siapa saja

setiap kita pasti pernah merasakan sakit atau boleh lah disebut degna demam..
setelah terlalu lelah atau sering hujan hujannan maka kemudian lambat laun esoknya atau malamnya akan kedinginan dan kemudian menjadi demam..
dan ini memang sebagian orang sudah menganggap hal yang lumrah terjadi karena ini merupakan baigan dari sitem pertahanan tubuh seseorang.. jika daya tahan tubuh kita lemah maka kita akan mudah terserang penyakit.
sebenarnya nya demam itu ada 2 sebab.. demam itu adalah ketika panas tubuh kita sudah mencapai diatas normal.. (>36-37 c).
1.demam karena kehujanan atau perubahan cuaca
2. demam karena infeksi atau karena bakteri

dari kedua demam diatas, kita hanya akan membahas yang pertama saja karena yang ke 2 mungkin agak kompleks.. tapisecara seerhana itu dapat diatasi dengan anti biotik.. dan itu sebabnya harus jelas danterdeteksi…

oke,, kita liat yang pertama saja..
kita sering kehujanan atau berenang kelamaan atau perubahan cuaca.. maka kemudian kita akan demam.. ini merupakan bentuk dari perubahan dari kondisi tubuh kita yang secara sederhana dikatakan bahwa tubuh tidak siap untuk kondisi itu makanya kondisi tidak stabil..
nah, hubungannya dengan batuk adalah kalau kita sudah demam maka kemudian pasti akan diiringi dengan batuk karena penyakit itu akan banyak masuk lewat udara karena sistem tahanan tubuh akan turun ketika kita demam..

solusi..
jika sudah demam maka segeralah untuk antsipasi dengan obat atau pergi kedokter untuk memastikan jenis demam ini..
klw untuk tahap awal mungkin bisa dicoba dengan paracetamol.. yang diminum ketika masih mersakan sakit..maksimalnya sehari 4 kali..

jika sudah mecapai tahapan batuk,, maka ini baigan yang agak menjengkelkan karena batuk itu sangat menggangu.. obat yang bisa di pakai adalah dextrometropan jika masih batuk kering namun jika sudah ada dahaknya maka obat yang dipakai adalah amborksol untuk mengencerkan dahaknya dan gliseril guaikolat (gg) untuk melegekan tenggorokan..
dan keduanya dalam bentuk tablet,,namun jika mau dalam bentuk sirup juga tak masalah..untuk pemakaian bisa diliat dicara pemakaian.. dan biasanya 3 kali sehari.. dan obat ini bisa dibeli tanpa resep dokter…

namun jika tiak sembuh maka segeralah ke dokter karena bisa jadi ini adalah infeksi.. maka sebaiknya hubungi dokter…
dan jika ingin tahu tentang permasalahan obat maka hubungilah apoteker… :))

tapi yang pasti,, batuk itu sangan menjengkelkan..
sekian….