efek ujian kadang tidak semua orang memiliki perasaan yang sama dan pengalaman yang sama dalam menghadapi ujian terutama ujian pada masa perkuliahan..

ya begitulah fenomena yang terjadi saat ini dan ini megusik bagi saya untuk menyampaikannya.
selama ujian bermunculanlah berbagai ahli baru diberbagai bidang dalam setiap mata ajar yang diberikan..hehe

menjadi seorang ahli itu mudah lho..
berikut saya samapikan beberapa ahli yang bermunculan ketika menghadapi masa – masa ujian :

1.ahli membaca huruf berukuran mikro tanpa alat bantu..

ini merupakan ahli pertama yang merupakan sangat sering kita temui dan rasanya tidak semua orang memiliki kemampuan seperti ini..
mengapa tidak..?
karena membaca tulisan dengan ukuran biasa aja (*times new roman 12), kadang kita sulit membaca,,#apalagimatarabun. tapi tahukah anda bahwa ini sangat – sangat menarik karena kita bisa belajar dari trik2 yang mereka lakukan demi keselamatan nilai dan keberhasilan misi untuk tidak mengulang mata kuliah yang sama..:-)

2.ahli gambar abstrak..

ini sangat menarik sekali mungkin bagi penikmat seni.,,.
karena ketika akan masuk masa ujian,,, maka mungkin hampir di semua dinding kelas dan meja kelas penuh dengan gambar abstrak yang terbentuk dari tulisan indah dan tersusun dengan rapi dan tentu saja sang pembuat telah mengatur dengan sedemikian rupa sehingga indah dilihat sebagai gambar oleh pengawas ujian dan membahagiakan bagi yang membacanya..
sebuah karya seni abstrak pada dinding kelas dan meja kelas..hehe

3. pengarang naskah ilmiah terbaik
yaya,,,, inilah yang menjadi favorit bagi para mahasiswa kalau saya kira..
dengan seugudang pengalaman bacaan dan pemahaman maka sebuah ide yang unikpun bermunculan dalam kepala dalam menjelaskan dan menginterpretasikan jawaban dari setiap pertanyaan..dan kadang lebih cenderung lebih hebat dari penulis aslinya sumber ilmu..#eh

4.ahli pembuat rumus turunan baru

inilah mungkin bagian terbaiknya dari sebuah pertanyaan yang menyangkut dengan perkalian dan rumus rumus fisika, kimia dan matematika..
ketika muncul soal ini dalam lembaran soal,,maka kening akan segera berkerut dan keluarlah bakat terpendam dari mahasiswa yaitu menurunkan rumus turunan baru dan lebih seederhana dari hukum aslinya.. dan kadang difikir lebih simple dan efisien karna hanya tinggal dibagi bagi dan dikali2 saja ,,kemudian ditambahkan dan selesailah prose ssebuah temuan rumus baru …(-:

5.silahkan anda tambahkan sendiri..

ya mungkin itulah beberapa ahli yang akan bermunculan ketika masa ujian,,dan saya fikir ini adalah sebuah cara yang baik dalam mencari bibit baru dalam dunia penemuan baru,.dan mungkin alangkah sangat baik jika orang2nya diberikan hadiah nobel sebagai penghargaan atas jasa mereka dalam menemukan cara baru dalam dunia percontekan di masa perkuliahan…

semoga dapat memotivasi menjadi seorang ahli baru.. #eh😀

salam dahsyat.!!
salam anak negeri..!!